” JENIS - JENIS KERUSAKAN HARDDISK “





Secara umum kerusakan harddisk disebabkan oleh kondisi arus listrik, dan kondisi harddisk itu sendiri. Kondisi tegangan listrik yang naik turun, listrik sering padam, ataupun penggunaan Stabilizer abal-abal dapat menyebabkan kerusakan CPU. Walaupun Power Supply CPU telah dilengkapi dengan Stabilizer namun hal ini dirasa masih perlu penggunaan Stabilizer External agar Power CPU tidak bekerja terlalu keras. Kerusakan yang disebabkan karena arus listrik ini dapat berupa:



1. BAD SEKTOR
Kerusakan “Bad sektor” ini dapat dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu: kerusakan secara fisik dan kerusakan secara logika.

* Kerusakan secara fisik
Kerusakan ini meliputi plater piringan yang sudah aus sehingga piringan kurang dapat menyimpan magnetik dengan sempurna, Head sudah aus sehingga pembacaan data juga kurang sempurna. Posisi Headnya yang bergeser.

* Kerusakan logika
jenis kerusakan ini dikarenakan sistem pembacaan memory dari harddisk yang salah atau tidak sinkron dengan sistem informasi yang ada di dalam plater.

Cara Mengatasi, klik di bawah ini


Untuk kerusakan secara fisik untuk mengatasinya sangat mudah akan tetapi membutuhkan biaya yang cukup tinggi, yaitu cukup membeli harddisk baru. hehehehe

Untuk kerusakan kedua yaitu secara logika, mengatasinya yaitu dengan memformat ulang hardisk tersebut. Agar hasilnya sempurna, hilangkan terlebih dahulu semua partisi yang ada di harddisk baru kemudian lakukan format harddisk.

apabila setelah diformat masih terdapat Bad Sektor, maka lakukanlah Format secara lambat (Low Level Format) dengan menggunakan software tersendiri. Bila dengan Low Level masih Bad Sektor masih ada maka gunakanlah Zerro Fill Drive. Perlu diingat proses ini memakan waktu yang cukup lama… bisa-bisa semalaman baru selesai dan perlu diingat pula jangan membatalkan secara paksa proses ini karena dapat menyebabkan kerusakan Harddisk anda.

2. BOARD TERBAKAR
Kerusakan seperti board harddisk terbakar ibarat kita kebakaran jenggot, karena data-data penting anda musnah semua. Hal ini sering disebabkan oleh lonjakan listrik yang tidak stabil bisa juga karena panas harddisk yang berlebihan.

Cara Mengatasi
JANGAN GUSAR akan data-data anda, banyak pusat-pusat service harddisk di sini dapat menyelamatkan data anda (recovery data) atau anda bisa mencoba dengan cara sebagai berikut :

* Pertama-tama lihatlah label harddisk anda, catat dengan benar typenya, kemudian lihat board harddisk anda, catat dengan benar type dan produksi boardnya, lalu teliti jenis baut yang menempel. Pastikan anda memiliki obengnya (biasanya Harddisk menggunakan obeng bintang (bukan Plus) atau segi enam. belilah dulu obengnya.
setelah itu pergilah ke Toko yang menjual harddisk bekas dan belilah harrdisk yang sama persis type hardisk dan type boardnya.
gantilah board harddisk anda dengan board harddisk bekas yang anda beli… 90% cara ini berhasil. kecuali apabila Chips Head didalam harddisk ikut terbakar.

Terima kasih

Contact us


Telp  : 081293696368
BBM   : 59D80848
WA    : 081293696368
Email : uryrestuajie@gmail.com
Store : RESTU COMP

Popular Posts

Facebook

Powered by Blogger.